Penyakit Yang Rawan Menyerang Perokok

Perokok Rawan Derita Tumor Laring

Sahabat http://cellulitefactor.net/, pola hidup yang tak sehat bakal memicu seseorang menderita bermacam macam penyakit. Salah satu diantaranya merupakan penyakit tumor laring pada leher seseorang. Tumor laring ialah tumor ganas terbanyak ke3, di daerah kepala dan leher sesudah tumor nasofaring, tumor ganas hidung sinus paranasal.

Tumor laring sangat sering ditemukan pada perokok aktif dan ada pula pada perokok pasif. Laring yaitu organ yang terletak pada bagian atas trakea. Laring mempunyai panjang kurang lebih 5 cm dan kadang-kadang disebut kotak suara. Pada laki-laki, kita akan melihat dan merasakan bagian depan laring yang merupakan jakun di depan leher, pas di bawah dagu. Laring mengandung pita suara yang jaringan otot berbentuk V pada lapisan dalam laring. Mereka bergetar dikala udara melalui di antara pita tersebut pula akan menghasilkan suara.

Penyebab pasti tumor laring hingga sekarang ini belum diketahui, tapi didapatkan banyak hal yang berhubungan erat dengan terjadinya keganasan laring merupakan kebiasaan merokok. Begitu yang diungkapkan oleh dr. Eva Nurfarihah, Sp. THT-KL, M. Kes pada For Her. “Seperti yang sering terlihat di iklan Televisi, akibat dari kebiasaan merokok membuat seseorang sulit bernafas. Sulit bernafas ini dikarenakan tumornya menyumbat saluran nafas. Didepan saluran nafas terdapat saluran makan, sehingga kalau tumornya bertambah besar dapat juga menekan saluran makan. Pasien dapat kesulitan makan dan minum,” ungkap Dokter di Rumah Sakit Mitra Medika ini.

Penyakit Yang Rawan Menyerang Perokok

Konsumsi alkohol dalam jangka panjang dan berlebihan pun dapat membuat seseorang menderita tumor laring. Dikarenakan alkohol tersebut merangsang selaput lendir untuk degenerasi dan menyebabkan kanker. Penyebab yang lain ialah radang tenggorokan kronis, atau radang pernafasan, polusi udara, dan inveksi virus. “Tumor laring bisa diderita oleh siapa saja. seringkali mengenai laki-laki dibanding perempuan dengan perbandingan 5 : 1. Terbanyak pada umur 56-69 tahun,” beber dia.

Gejala dan tanda yang sering dijumpai ialah suara serak. Dalam kehidupan sehari-hari, apabila orang menemukan suara serak, dan gejala ini bertahan selama lebih dari tiga minggu dan tak kunjung membaik, mesti segera pergi ke rumah sakit untuk perawatan medis oleh seorang dokter untuk laringoskopi THT. Tumor yang amat sangat kecil pun membuat pita suara bergetar yang menyebabkan suara serak abnormal. “Suara serak merupakan gejala awal yang paling umum dari kanker tenggorokan,” katanya.

Sesak nafas dan nafas berbunyi di tenggorokkan juga terasa nyeri pun tak bisa menelan. Gejala-gejala ini yakni gejala awal yang apabila menganggapnya enteng dan menunda pengobatan kanker laring akan memperparah keadaan. Ketika kerusakan makin serius dan tumor makin besar, dapat segera mempengaruhi pernapasan atau sekresi saluran napas yang menyebabkan kesusahan bernapas. Penyebarannya, melalui kelenjar getah bening leher sehingga bisa tumbuh benjolan di leher juga.

“Karena menyerang pita suara, gejala yang seringkali muncul adalah suara serak, yang makin lama bertambah parah. Bahkan dapat sampai menghilang sama sekali suaranya,” ucap beliau. Jikalau Kamu merasakan adanya dahak berdarah, gejala dyspnea, mesti pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan, kemungkinan ialah kanker laring. “Gejala dapat pula disertai Batuk Berdarah, atau ludah bercampur darah. Diantara pita suara terdapat saluran pernafasan. Apabila tumor bertambah besar, penderita pun akan mengeluh sesak dan susah bernafas,” pungkasnya.

Incoming search terms:

  • tumor perokok susah mkan dan minum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>