Mengenal Jenis-jenis Penyakit Jantung pada Anak

mengenal jenis penyakit jantung pada anak (FILEminimizer)

cellulitefactor.net,- Masalah kesehatan yang cukup berat seperti penyakit jantung rupanya kini tak hanya menyerang orang dewasa saja, namun juga anak-anak.

Kondisi gangguan jantung pada anak cenderung tak bisa dilihat dengan sekilas, namun harus benar-benar diperhatikan dengan seksama ditambah pula dengan pemeriksaan lebih lanjut yang dibutuhkan untuk benar-benar mengetahui kondisi jantungnya lebih detail.

Berikut ini ada 3 jenis penyakit jantung pada anak yang umum terjadi, yaitu :

Penyakit jantung cacat bawaan

Kondisi penyakit jantung cacat bawaan ini setidaknya memengaruhi 8 dari 1000 anak yang telah dilahirkan serta menyebabkan gangguan jantung akibat kelainan bentuk jantung. Hal ini terjadi akibat jantung anak yang tidak berkembang dengan baik saat ia masih dalam kandungan. Gangguan yang terjadi seperti adanya lubang pada sekat jantung yang sering dikenal pula dengan jantung bocor, sehingga membutuhkan obat jantung bocor anak yang aman dan efektif membantu penyembuhan jantung bocor tersebut.

Selain itu, kondisi lain yang dikenal sebagai cacat bawaan adalah tidak adanya bilik atau katup jantung yang mengharuskan anak menjalani operasi untuk memulihkan kondisi jantungnya sehingga bisa berfungsi dengan normal.

Jantung bawaan yang dialami oleh si kecil biasanya disebabkan oleh faktor keturunan yang memang cenderung lebih sulit dihindari. Sehingga upaya yang paling tepat bisa anda lakukan untuk si kecil dengan kelainan jantung adalah dengan memberikan solusi atau pengobatan terbaik untuknya.

Aritmia jantung

Aritmia jantung atau detak jantung yang tidak normal ini juga banyak ditemukan pada anak-anak. Aritmia ini biasanya terjadi dalam bentuk detakan jantung yang terlalu cepat atau terlalu lambat dengan batas di luar kewajaran. Aritmia ini disebabkan oleh adanya infeksi, paparan zat kimia berbahaya, serta tingkat atau nilai kimia dalam darah tidak normal.

Infeksi pada Jantung

Selain aritmia, infeksi pada jantung juga dapat menyebabkan gangguan lain yang merusak sekitar katup jantung, otot jantung, juga pembuluh darah koroner. Infeksi jantung memang cenderung menyerang anak-anak dengan sistem daya tahan tubuh rendah dibandingkan orang dewasa, tak seperti para orang dewasa yang menderita penyakit jantung jantung akibat daya hidup yang tak sehat.

Memperhatikan dan menjaga kondisi tubuh si kecil tentu menjadi salah satu tanggung jawab orang tua. Oleh karena itu, jaga ia dan berikan hal yang sehat untuk kebaikannya sekarang dan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>