Dampak Buruk yang Ditimbulkan Dari Gula Darah Tinggi

diabetes

 

Gula darah tinggi merupakan sebuah penyakit gangguan kesehatan dimana kadar gula darah seseorang menjadi tinggi, yang dikarenakan gula darah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Penyakit ini sering dikenal dengan sebutan penyakit Diabetes Melitus (DM) atau juga kencing manis, yang mana merupakan salah satu penyakit yang  mempunyai jumlah penderita cukup banyak.

Penyebab dari gula darah tinggi sendiri salah satunya karena insulin yang tidak terpenuhi. Hormon insulin ini merupakan salah satu hormon yang diperlukan tubuh untuk menyimbangkan kadar gula darah. Apabila produksi insulin yang kurang bisa menyebabkan kadar gula darah tinggi. Oleh sebab itu diperlukannya pengontrolan secara rutin supaya kadar insulin dalam tubuh dapat diketahui. Untuk pengecekan kadar insulin, salah satunya dapat anda lakukan diberbagi pusat kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit terdekat.

 

Mengalami kadar gula darah tinggi dalam periode yang masih singkat, masih bisa dikatakan tidak begitu merusak organ tubuh.Namun apabila kadar gula darah tinggi  tidak rutin dicek serta lambat dalam proses pengobatan gula darah tinggi, maka hal ini dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Salah satu dampaknya adalah kelelahan. Penderita akan mudah sekali untuk merasakan kelelahan, lemah dan darah meningkat. Sakit kepala dan kesulitan dalam fokus penglihatan.

 

Bagi seorang penderita diabetes wajib hukumnya untuk selalu memeriksakan kadar gulanya secara rutin. Karena bahwasannya memiliki kadar gula darah yang tinggi atau hiperglikemi merupakan kondisi yang secara lambat laun dapat merusak organ organ tubuh. Banyak akibat yang bisa dirasakan akibat terjadinya penumpukan gula darah. Dan salah satu dampak dari adanya kadar gula darah yang secara terus menerus mengalami penaikan adalah sebagai berikut :

  • Dehidrasi
    Tanda gula darah anda tinggi dapat dilihat dari kebiasaan anda yang sering buang air kecil. Adanya timbunan gula didalam darah akan memicu mengeluarkan urine karena tubuh berusaha membersihkan gula. Ketika ginjal mengalami kehilangan glukoa melalui urine, maka sejumlah air pun akan hilang sehingga memicu penderita mengalami dehidrasi
  • Kerusakan Organ
    Lambat laun kadar gula darah yang tinggi ini akan merusak saraf dan pembuluh darah kecil dimata, kemudian ginjal dan jantung. Pada umumnya bagi seorang penderita diabetes yang tidak terkontrol gula darahnya akan mengalmi komplikasi berupa penglihatan kabur, rasa kebas dikaki, gagal ginjal, hingga serangan jantung dan stroke.
  • Koma Diabetes
    Ketika seorang penderita diabetes mengalmi dehidrasi yang berat serta tidak mendapatkan caiaran pengganti, maka ia akan mengalmi komplikasi yang dapat mengancam nyawanya berupa koma diabetes. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang kadar gulanya tinggi bingga 600mg/dl.

 
Dalam sebuah penelitian telah menunjukan bahwa bagi seorang penderita diabetes kemudian mengabaikan dalam proses pengobatan, maka akan mempunyai dampak buruk pada produksi hormon pertumbuhan. Dan salah satu hal yang dinajurkan untuk mengatasi diabetes adalah suntik insulin. Serta melakukan olahrraga, yang mana menjadi faktor tambahan yang akan membantu untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. Selain itu juga mengkonsumsi makanan  yang tepat dan menjaga diet yang seimbang juga dapat memberikan dampak positif pada gula darah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>